Perlengkapan Bayi Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Lahir

Untuk Anda yang pertama kali akan memiliki buah hati, belanja peralatan bayi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Tugas belanja perdana ini memang mengasyikkan, walaupun biasanya jika dilakukan ketika kondisi ibu hamil tua yang tentunya tidak mudah. Supaya kondisi ibu tetap terjaga, akan lebih baik jika Anda menyiapkan perlengkapan bayi dengan cara dicicil alias tidak langsung belanja dalam jumlah besar.

Jika kondisi fisik tidak kuat untuk belanja langsung ke toko perlengkapan bayi, sebagai alternatif sekarang Anda juga bisa belanja melalui baby shop online yang menjual beraneka macam kebutuhan bayi. Supaya Anda tidak kebingungan saat berbelanja, berikut ini adalah beberapa daftar peralatan bayi baru lahir yang harus dibeli untuk persiapan si kecil.

1. Pakaian Bayi

Perlengkapan pertama yang perlu Anda [miliki|beli|persiapkan} adalah pakaian bayi. Jika ingin memilih baju bayi sebaiknya pilih baju yang berbahan katun. Hal ini karena bahan katun sangat mudah menyerap keringat. Hindari baju bayi yang terbuat dari nylon atau polyster yang biasanya menghalangi pergerakan bayi. Bahan nylon atau polyster terkadang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kemerahan. Ingat kulit bayi masih benar-benar sensitif, sehingga Anda harus benar-benar perhatikan dalam memilih baju bayi yang nyaman.

Pertimbangkan juga mengenai ukuran baju. Ketika bulan-bulan awal, pertumbuhan bayi akan berlangsung dengan cepat. Bayi akan bertambah besar. Agar tidak boros, pilihlah baju yang berukuran sedikit lebih lebar dan longgar. Tidak perlu menyiapkan baju dalam jumlah besar, karena biasanyan baju tidak akan dipakai lama. Adapun yang terpenting baju bayi cukup lengkap mulai set baju dan celana lengan panjang, tangan pendek, jaket, penutup tangan dan kaos kaki.

2. Popok Bayi

Popok bayi yang disini bukanlah popok sekali pakai melainkan popok kain. Perihal ini karena buah hati yang baru lahir cukup sering buang air kecil atau buang air besar. Pilih popok kain yang berbahan katun dan memiliki tali. Dengan demikian ukuran popok bisa Anda sesuaikan dengan ukuran bayi.

Pastikan tidak memakaikan popok terlalu erat karena ditakutkan malah mengganggu pernafasan dan pergerakan bayi. Untuk popok buah hati Anda sebaiknya membeli beberapa lusin agar mengantisipasi popok yang belum dicuci.

3. Kosmetik Bayi

Perlengkapan perawatan bayi ini dapat digunakan sehabis bayi mandi, ganti popok, ataupun saat bepergian. Di antaranya: bedak, minyak telon, parfum, tissu, kapas bulat, dan guntingan kuku.

4. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan selanjutnya yang tidak kalah berguna merupakan perlak bayi. Perlak bermanfaat sebagai alas tidur bayi. Hal ini mengingat bayi mempunyai kebiasaan BAK cukup sering. [Gunakan|Pilih|Belilah} perlak bayi yang berukuran sedikit lebih besar sehingga perlak bisa dipakai sampai bayi tumbuh lebih besar.

Selain perlak, masih ada juga peralatan tidur penting lainnya, contohnya: Alas tidur, bantal, guling, selimut, dan tempat tidur bayi (baby box).

5. Perlengkapan menyusui

Bagi ibu yang tidak bekerja, mungkin Anda tidak terlalu membutuhkan beberapa perlengkapan untuk menyusui bayi. Akan tetapi, untuk Anda yang memiliki pekerjaan, Anda wajib membeli beberapa perlengkapan menyusui bayi, seperti: breast pad sehingga ASI tidak mengalir keluar, botol susu, sikat botol, botol bening untuk tempat ASI perah (ASIP), pencuci botol, pompa ASI (manual/elektrik), dan penghangat ASI.

6. Peralatan mencuci

Wadah pakaian bayi yang kotor, hanger (model baling-balinng) untuk menjemur baju bayi, dan detergen khusus untuk mencuci pakaian bayi.

7. Perlengkapan bepergian

Gendongan buah hati, tas buah hati untuk membawa [perlengkapan|peralatan} bayi, dorongan bayi untuk membawa bayi jalan-jalan atau bisa juga untuk menjemur bayi, dan car seat untuk bepergian menggunakan mobil.

8. Perlengkapan Mandi Bayi

Peralatan mandi bayi pastinya tidak boleh tertinggal. Perlengkapan mandi bayi juga cukup banyak mulai dari tempat mandi, sabun bayi, shampo bayi, waslap dan handuk halus. Handuk halus yang Anda pilih diharuskan dapat menyerap air agar bayi Anda selalu nyaman dan aman.

Untuk bayi yang baru lahir, umumnya tidak boleh terlalu banyak terkena air agar tali pusar tetap kering. Oleh sebab itu, untuk memandikan buah hati cukup menggunakan waslap dulu untuk pertama kali. Dengan menggunakan waslap, tubuh bayi dapat dibersihkan tanpa harus membasahi tali pusar.

9. P3K Khusus Bayi

Buah hati yang baru lahir mempunyai kulit yang sangat lemah. Bayi Anda pun selalu membutuhkan perlindungan esktra. Oleh karena itu, Anda harus siaga dengan memiliki P3K yang terkadang diperlukan. Perlengkapan P3K yang minimal harus ada, seperti: Termometer, kapas, perban, dan salep anti iritasi.

Untuk jumlah yang diperlukan masing-masing peralatan bayi yang baru lahir. Anda dapat mengkondisikan sendiri, sesuai dengan keperluan dan anggaran yang ada.

Leave a Reply