Tahap Perkembangan Anak di Masa Golden Age

Pada tahap perkembangan seorang anak, 1000 hari pertama kehidupan adalah periode emas bagi sang anak. 1000 hari pertama kehidupan ini dimulai dari saat masih di dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Maka dari itu sangat penting sekali pada masa 1000 hari pertama kehidupan tersebut untuk bisa mendapatkan segala kebutuhan yang menunjang tahap perkembangan anak. Namun setelah kebutuhan 1000 hari pertama telah terpenuhi, orang tua harus tetap memastikan segala kebutuhan anak terpenuhi hingga usia 6 tahun. Hal ini dikarenakan sang anak berada dalam masa golden age. Ketika sang anak bisa terpenuhi segala kebutuhan untuk tumbuh kembangnya, maka tentu ia akan bisa tumbuh dan berkembangan secara optimal. Dengan begitu tentu akan bisa mendukung segala aktivitas yang dilakukan sang anak serta menunjang masa depan sang anak. Orang tua harus bisa memberikan nutrisi yang baik untuk anak, selain itu anak juga perlu untuk ditempatkan di kondisi lingkungan yang baik. Hal ini dikarenakan tidak hanya nutrisi saja yang mempengaruhi perkembangan anak, namun faktor lingkungan juga menjadi salah satu pembentuk dalam tahap perkembangan anak. Pada masa 1000 hari pertama kehidupan ini anak berada pada masa emas, dimana anak bisa mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Maka dari itu perlu untuk dipastikan bahwa segala sesuatu yang dimakan, didengar, dilihat, dilakukan, diucapkan merupakan hal – hal yang baik, karena akan mempengaruhi perkembangan anak.

 

Optimalkan Tahap Perkembangan Anak

Fase golden age merupakan masa di mana tahap perkembangan anak mampu untuk berkembang dengan pesat. Otak anak mampu berkembang hingga 80% ketika ia berusia 0 – 6 tahun. Pada usia ini anak mampu untuk menyerap segala informasi yang ia dengar dan ia lihat, baik itu informasi yang baik atau pun buruk. Maka dari itu ketika dalam masa golden age, orang tua perlu untuk membantu mengoptimalkan kemampuan anak tersebut dengan memberikan makanan yang bergizi dan sehat. Ketika tubuh anak mendapat asupan yang baik bagi tubuhnya, maka kemampuan otak anak untuk menyerap segala informasi pun juga menjadi semakin baik. Orang tua pun juga bisa memberikan anak suplemen tambahan, seperti gizidat. Kini sudah banyak yang jual gizidat, jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin memberikan anak Anda gizidat. Selain memperhatikan asupan nutrisi bagi sang anak, orang tua juga perlu untuk memperhatikan segala sesuatu yang dilihat dan didengar oleh anak. Karena anak mudah sekali menyerap informasi, maka usahakan segala informasi yang dilihat dan didengar anak adalah informasi yang baik. Karena informasi tersebut nantinya akan mempengaruhi pada perilaku, kemampuan otak, serta kemampuan bersikap anak. Maka dari itu, jangan biarkan anak menyerap informasi yang tidak baik agar anak bisa tumbuh dengan baik. Usahakan anak selalu berada dalam lingkungan dan kondisi yang baik. Ajarkan anak berbagai hal positif, ketika anak menghadapi masalah maka orang tua bisa mengajarkan anak untuk menyelesaikannya.

Peran Orang Tua untuk Tahap Perkembangan Anak

Pada tahap perkembangan anak di masa golden age ini, peran orang tua sangat – sangat dibutuhkan dan sangat – sangat mempengaruhi. Optimalnya tumbuh kembang anak akan dipengaruhi oleh nutrisi, lingkungan rumah, lingkungan sekitar, serta lingkungan sekolahnya. Jadi orang tua perlu untuk mengawasi setiap tindakan yang dilakukan oleh anak. Ketika anak melakukan sesuatu yang kurang baik, maka segeralah katakana bahwa itu salah dan berikan contoh apa yang baik. Jangan biarkan anak melakukan tindakan buruk secara berulang. Kemampuan orang tua akan menentukan kemampuan anak, orang tua harus bisa membantu anak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *